Sabtu, 27 November 2010

Windows 7 : Windows Masa Depan


Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Windows 7? Bila belum, saia akan membeberkannya sedikit demi sedikit. Pada part pertama ini, saia akan menjelaskan tentang pengertian, perbedaan bila dibandingkan dengan Windows Vista, serta spesifikasi minimal pada Windows 7. Walaupun Windows 7 masih dalam tahap beta, saia akan mengikuti perkembangannya sampai Windows 7 sudah mencapai tahap release.


Windows 7 sebenarnya merupakan operating system yang dikembangkan dari operating system Windows Vista. Mengapa? Karena kernel yang digunakan pada Windows 7, itu berasal dari kernel yang digunakan pada Windows Vista yang sudah dikembangkan untuk digunakan pada Windows 7, sehingga arsitektur akan sama dengan arsitektur pada Windows Vista.
Perbedaannya dengan Windows Vista

Pada Windows 7, tampilannya agak sedikit berbeda, terutama pada taskbar. Taskbar pada Windows 7 kini agak meninggi, sehingga efek ‘overlapping orb’ tidak akan dijumpai pada Windows 7. Pada login screen, background wallpaper sudah diganti dengan gambar yang bernuansa biru.
Selain itu, tampilan pada MS Paint, dan Wordpad akan terlihat seperti layaknya Microsoft Office 2007. Tentunya Anda sudah tahu, kan… tampilan dari Microsoft Office 2007 itu seperti apa.. bagi yang belum tahu, akan saia jelaskan. Tampilan toolbar Wordpad dan MS Paint pada Windows 7 akan tampak seperti tampilan toolbar pada Microsoft Office 2007, yaitu berbentuk ribbon.
Masih ada lagi, terutama pada Sidebar Gadget, Start Menu, dan Personalization Window, sudah mulai terlihat perbedaannya bila dibandingkan dengan Windows Vista.
  1. Sidebar : sekarang tidak memerlukan sebuah sidebar untuk menampilkan gadget.
  2. Personalization Window : Semua hal yang berhubungan dengan theme, serta tampilan terdapat pada window ini. Selebihnya (khususnya dalam hal resolusi display), terdapat pada window Screen Resolution, yang akan Anda temui setelah mengklik kanan pada ruang kosong desktop.
  3. Start Menu : Terlihat sekali pada tombol shutdown.
Selebihnya, tampilan pada Windows Explorer, dan lain-lain, sama seperti pada Windows Vista.
System Requirements

Pada Windows 7, system requirementnya sama dengan system requirement pada Windows Vista, yaitu :
  1. Processor 32/64-bit minimal 1 GHz
  2. RAM minimal 512 MB
  3. 16 GB Hard Disk Drive Free Space
  4. GPU (Graphics Adapter) yang mendukung minimal DirectX 9.0 (+WDDM) dengan 128 MB memory minimal (untuk menjalankan theme Windows Aero)

Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.


Windows 7 - First Look Part 1 Review.flv



    0 komentar:

    Posting Komentar