Rabu, 14 September 2011

MENGENAL JENIS FILE SYSTEM

Sebuah harddisk yang sudah terpastisi tidak dapat langsung digunakan. Partisi pada harddisk tersebut harus diformat terlebih dahulu dengan file system. Fungsi dari file system tersebut adalah untuk menentukan tipe dan format penyimpanan dari file data yang nantinya akan kita buat.


Pada system operasi windows, ada t3 (tiga) jenis file system yang kita kenal, yaitu : FAT, FAT32, Dan NTFS.



A.    FAT (File Allocation Table)
FAT (File Allocation Table) adalah file system yang digunakan untuk system operasi pada windows 3.1 dan windows 95. File ini mendukung penggunaan  partisi hanya sampai 2 (dua) gigabyte dan dapat menyimpan file sampai 65.000.

B.     FAT32 (File Allocation Table 32 Bit)
FAT32 (File Allocation Table 32 Bit) adalah file system yang digunakan untuk system operasi yang digunakan pada Windows 95. Windows 98, Windows NT, Windows 2000, dan Windows XP. FAT32 mampu mengatasi batas maksimum pada file system FAT versi sebelumnya.

C.     NTFS (New Technology File System)
NTFS (New Technology File System) adalah file system yang digunakan untuk sisetem operasi Windows NT, Windows 2000, dan Windows XP. File ini mendukung harddisk berkapasitas besar. Dibandingkan dengan 2 (dua) file system versi sebelumnya. NTFS memiliki kelebihan pada security atau keamanan data yang lebih terjamin.

0 komentar:

Posting Komentar