Selasa, 27 September 2011

MEDIA PENYIMPANAN DATA

Media penyimpanan data adalah Alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program dimana data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk diproses oleh komputer
Media penyimpanan data dapat dibedakan sebagai berikut :

1.      Media Penyimpanan Utama (internal Storange) yaitu :

  1. RAM (Random Acces Memory) dan
  2.  ROM (Read Only Memory)
2.      Media penyimpanan cadangan (External Storange) antara lain yaitu :
Hardisk, magnetic disk, Optic disk, Flash disk.


HARDDISK
Harddisk merupakan media penyimpanan data luar (External Storange) yang berfungsi menyimpan data atau program dalam kapasitar besar. Data yang tersimpan di harddisk sifatnya permanen artinya data tidak hilang meskipun komputer dimatikan dan dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan. Kapasitas atau kemampuan menyimpan harddisk : mulai dari 10 GB, 120 GB sampai dengan 1000 GB dan akan semakin terus bertambah kapasitasnya.
Beberapa merk harddisk antara lain : Maxtor, Seagate, Fujitsu, dll

FLOPPY DISK (Disket)
Merupakan media penyimpanan data megnetik disk terbungkus oleh plastic protektif  tipis dan keras. Data yang tersimpan di dalam disk ini sifatnya permanen tidak terpengaruh daya atau arus listrik jika suatu saat diperlukan data tersebut dapat di ambil atau dibaca kembali. Ukuran yang umum diperdagangkan ada yang 51/4” dengan kapasitas penyimpanannya 1,2 MB dan 3/5“ sedangkan kapasitasnya penyimpanya 1,44 MB. Media penyimpanan ini dapat digunakan hamper disemua jenis computer. Merek yang ada dipasaran antara lain adalah: fuji, verbatim, sony dll

CD/DVD
Merupakan media penyimpanan data optical disk berbentuk piringan dengan kapasitas penyimpanan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R (Recordable) dapat menyimpan data sampai 700 MB, hanya dapat menyimpan  sekali tidak dapat diulangi. Sedangkan CD-RW(Rewriteable) dapat membaca dan menyimpan / menulis data berkali-kali. DVD-R dan DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain yang mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran diatas 10 GB dalam 1 piringan.
Beberapa merek CD/DVD antara lain : Sony, Verbatim, dll

Flash Disk
Flash disk merupakan media penyimpanan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, flash disk dihubungkan pada computer melalui USB (Universal Serial Bus). Disbanding disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat hamper sama dengan harddisk. saat ini harganya bervariasi tergantung kapasitas dan mereknya, dan kapasitas flash disknya mulai dari 64 MB, 128 MB, 512 MB dan yang paling besar mencapai 16 GB.
Beberapa merek flash disk antara lain : Kingston, Sundisk, Adata, dll

CIRI-CIRI DAN CARA MERAWAT MEDIA PENYIMPAN DATA
Seperti telah kita ketahui bahwa media penyimpan data ada dua macam yaitu :

1.      Internal storange (Media Penyimpan Utama)
Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu : RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory)
Yaitu memory baca tulis yang dapat menyimpan data untuk sementara dan kemudian membacanya kembali. Data yang tersimpan pada RAM sifatnya tidak permanen artinya data tersimpan saat ada arus listrik atau computer dalam keadaan aktif.  Jika tidak ada arus atau komputer dalam keadaan mati data pun hilang atau tidak tersimpan lagi.

ROM (Read Only Memory)
Yaitu memori baca saja dari computer artinya data yang tersimpan dalam ROM hanya bisa dibaca saja, ROM itu berisi data atau program-program dasar dari pabriknya, ROM ini berfungsi untuk mengatur proses dasar dari masukan dan keluaran data

Cara merawat media penyimpanan Internal Storange antara lain adalah :
Dengan cara mengatur BIOS agar menghindari melakukan booting komputer secara langsung dari disket.

2.      External Storange (Media Penyimpan Cadangan)
Yang termasuk kelompok ini antara lain yaitu : Hard disk, Flopy disk, Optical disk dan Flash disk

Cara merawat media penyimpan External Storange antara lain adalah :
1.      Untuk Flopy disk atau disket (Magnetik Disk) yaitu hindari dari terkena debu dan simpan pada box disket. Sebaiknya selalu dalam keadaan terprotek, hal ini untuk menghindari terkena virus komputer.
2.      Untuk piringan CD/DVD (Optical disk) yaitu : hindarkan permukaannya dari debu, selalu menempatkannya pada box CD jika sedang tidak dipakai. Untuk jangka waktu tertentu bersihkan Optik pada CD ROM/CD RW/DVD RW dengan CD Cleaner.
3.      Untuk Flash disk jangan lupa untuk selalu menutup penghubung USB nya.

0 komentar:

Posting Komentar