Selasa, 05 Juli 2011

Panduan Lengkap Menggunakan Twitter


Mungkin banyak dari kita semua yang sudah membuat akun di Twitter, tapi ada banyak juga yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya. Jadi, saya pun memutuskan untuk membuat artikel ini, agar semua paham.

Twitter dimulai dengan mendaftarkan sebuah username yang dikenal sebagai Twitter handle. Misalnya, username anda adalah nanggroe, maka Twitter handle-nya adalah @nanggroe.
Sebaiknya, gunakan Twitter handle yang mudah diingat, unik, tidak terlalu panjang, dan hindari pemakaian simbol yang tidak umum. Nama yang terlalu panjang akan banyak mengambil tempat bila ada orang yang me-mention atau me-retweet anda.
Biasanya, pengguna baru Twitter pasti menggunakan situs utama twitter.com, sedangkan pengguna lama biasanya sudah menggunakan Twitter client yang terdapat di komputer atau ponsel pintar mereka.
Saya akan mencoba mengulas kedua cara tersebut, menggunakan twitter.com dan twitter client.

Dasar Menggunakan Twitter

Bila anda login ke twitter.com, anda akan melihat tampilan seperti ini.
Tampilan beranda twitter.com
Tampilan beranda twitter.com
  • What’s happening - adalah tempat untuk meng-update status. Status, di dalam dunia Twitter dikenal dengan nama “tweet“.
  • Timeline - Melihat “tweets” (plural) dari teman-teman Twitter yang anda ikuti (follow).
  • @Mentions - Membaca sebtiap balasan (reply) yang ditujukan kepada anda. Misalnya ada seseorang yang menge-tweet “Apa kabar @nanggroe“, saya bisa membaca pada bagian mentions dan bisa membalas mention tersebut.
  • @Retweets - Retweet/RT adalah menge-tweet ulang sebuah tweet. Misalnya, ada orang yang menge-tweet “Aq lagi jombo nih!!!“, kemudian saya bisa tweet kembali agar tweet tersebut bisa dibaca oleh pengikut saya yang lain. Orang lain-pun bisa RT kembali apa yang saya RT tadi.
Nah, kalau anda sudah “ngeh” dengan langkah ini, coba tes mention nama saya, misalnya “Hi, @nanggroe makasih buat artikel ini. eke jadi paham nih… wkwk“.

Follow/Unfollow

Jika anda baru saja menggunakan Twitter, jumlah pengikut (followers) dan orang yang anda ikuti (follow) adalah nol. Jadi, dimulai dengan mengikuti teman-teman yang anda kenal terlebih dahulu lalu orang-orang yang anda pikir tweet-nya sangat bermaknya. Bisa jadi artis papan atas pribumi, artis barat, blogger, atau siapa saja.
Misalnya, anda sangat suka lagu-lagunya Taylor Swift, anda bisa mengikuti kabar terbaru doi dengan mengikutinya di @taylorswift13 dengan menekan tombol “follow“. Jika sudah anda ikuti, info-info terbaru dari doi bisa anda baca dengan mudah,
Twitter Taylor Swift
Twitter Taylor Swift
Kalau anda tidak suka lagi, tekan tombol “unfollow” saja. Jadi, anda tidak akan membaca tweets dari dia. Twitter secara otomatis juga akan membangku cadangkan beberapa orang yang berkaitan dengan Taylor Swift, misalnya Katy Perry, Rihanna, dan lainnya.
Bila anda sudah lama menggunakan Twitter, secara alami pengikut anda akan terus bertambah. Tips saja, untuk permulaan coba saja ikuti pengguna Twitter lain sebanyak-banyaknya. Sisi baiknya, mereka akan mengikuti anda kembali dan tentunya anda memiliki ratusan pengikut dengan cepat.
Lebih suka rasa dalam negeri? Coba cek saja akun Twitter artis Indonesia.

Berbagai Link/Gambar/Video

Jika anda punya blog, Twitter adalah sebuah media yang sangat penting untuk mempromosikan blog anda. Misalnya anda baru saja memposting 1 artikel baru, anda bisa menge-tweet “Genk, baca ni artikel terbaru aq di http://goo.gl/8BTPa“, sebagai contoh saja loh.
Dengan begitu, pengikut anda yang punya waktu luang akan mengklik link tersebut dan langsung masuk ke blog anda.
Untuk berbagai gambar di Twitter, anda bisa menggunakan layanan Twitpic, Plixi, atau YFrog. Hanya saja, anda perlu sign-in menggunakan akun Twitter anda dan upload gambar-pun bisa dilaksanakan.
Untuk upload video, anda bisa menggunakan Twitpic atau YFrog

Twitter Client

Ada ratusan Twitter Client yang sudah dibuat untuk komputer ataupun smartphone. Biasanya, pengguna Twitter lebih suka menggunakan Twitter Client daripada twitter.com sendiri, karena terdapat banyak fitur-fitur tambahan yang ditawarkan.
Contoh Twitter Client untuk komputer/laptop:
Tweetdeck
Tweetdeck
Contoh Twitter Client untuk di Internet:
Hootsuite
Hootsuite
Contoh Twitter Client untuk iPhone:
Twitter fo iPhone
Twitter fo iPhone
Penggunaan Twitter Client ini sangat bergantung pada minat dan kesukaan anda. Diatas hanya beberapa contoh saja.

Apa Yang Menarik Dari Twitter?

  1. Dapat teman baru. Beberapa pengguna sampai membuat Twitter meetup/twtup. Teman Facebook biasanya adalah teman yang sudah kita kenal di dunia nyata, tapi teman di Twitter tidak pernah bertemu pun bisa menjadi teman.
  2. Anda suka dengan seorang artis, anda bisa tegur dia dan dia pun membalas teguran anda. Rasanya gimana ya? :D .
  3. Berkomunikasi dengan pengunjung blog anda.
  4. Lagi stress, banyak masalah, dan anda perlu nasehat. Tumpahkan saja di Twitter. Kalau di Facebook, beberapa orang harus berpikir 3 kali untuk meng-update statusnya, di Twitter tak perlu berpikir. Yang perlu diingat, TWEET HURUF BESAR SEMUA == berteriak. Sebisa mungkin hindari tweet seperti itu.
  5. Mendapat pengetahuan baru, misalnya berita terkini, livescore sepakbola, serta hal-hal lainnya yang ada di dunia ini.
  6. Bermain hastag. Misalnya #garudadidadaku, #chelseakalah, dan sebagainya. Biasanya hastag yang banyak diperbincangkan orang akan menjadi trending di twitter.com atau topik yang sedang populer.
  7. Jika anda sedang bosan, coba tegur teman-teman Twitter anda. Ajak mereka ngobrol topik-topik yang sedang hangat-hangatnya.
  8. Mendapat trafik untuk blog, situs, atau Facebook anda. Kalau pengikut anda sudah ribuan dan anda cukup populer, tweet “Update blog terbaru: sarapan hari ini adalah bubur ayam 1000 rupiah“-pun akan di klik oleh ratusan orang. Keren bukan?
  9. Media penyebaran informasi masa kini. Twitter lebih baik daripada Facebook dalam hal ini. Tetntunya karena ia sangat fleksibel dan anda bisa tweet menggunakan komputer, laptop, smartphone, ponsel biasa, sms, dan lainnya

0 komentar:

Posting Komentar